25 November 2006

Ketulusan Cinta

Pagi hari di Situ Gunung
Acara kantor pekan lalu tidak seperti biasanya, biasanya acara diselenggarakan di hotel, tetapi kali ini acara diselenggarakan dengan berkemah di Situ Gunung. Pada acara tersebut dibahas kembali tentang falsafah Gung Ho, yang kalau tidak salah pembahasannya berdasarkan buku yang ditulis oleh Ken Blanchard dan Sheldon Bowles. Falsafah Gung Ho ini terdiri dari tiga prinsip yang diambil dari alam:
  1. Semangat bekerja seekor tupai (The Spirit of the Squirrel) : pekerjaan yang bermakna. Tupai bekerja keras karena pekerjaannya bermakna: bila tidak mengumpulkan makanan yang cukup, bisa mengalami kematian di musim dingin.
  2. Cara bekerja kawanan berang-berang (The Way of the Beaver): memegang kendali dalam mencapai tujuan. Kawanan berang-berang bekerja tanpa ada yang menjadi bos, masing-masing mengetahui bagian tugasnya.
  3. Hadiah dari seekor burung angsa (The Gift of the Goose): memuji dan merayakan keberhasilan rekan kerja bukan hanya untuk pekerjaan yang besar, tapi juga untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain. Kawanan angsa saling memberi semangat untuk mencapai tujuan bersama.

Tentang pelajaran yang diperoleh dari dunia satwa, ada sumber lain yang tak kalah menarik untuk dilihat: pada bulan Ramadhan tahun ini, saya sekeluarga berkunjung ke sebuah mesjid besar di Jakarta untuk melihat suasana berbuka puasa di sana. Kami sekeluarga tidak membawa cukup bekal untuk berbuka, dan sambil menunggu berbuka kami mampir di koperasi masjid di lantai dasar. Selain membeli makanan dan minuman, ada beberapa VCD yang dibeli di sana, diantaranya berjudul Ketulusan Cinta, Pelajaran Indah tentang Cinta dan Pengorbanan di Dunia Satwa. Film ini merupakan bagian dari Harun Yahya series. Versi bahasa Inggrisnya bisa juga di download secara bebas di website Harun Yahya. Film-nya dikemas dengan baik dan pada kesempatan ini Harun Yahya juga membantah kebenaran teori Darwin, tapi fokes saya bukan di sini karena saya tidak mendalami teori Darwin. Film yang disukai oleh anak-anak ini memberikan contoh cinta dan pengorbanan satwa yang menakjubkan …

3 komentar:

zuki mengatakan...

alhamdulillah sudah lama nggak sempat mampir, pas mampir banyak sekali tulisan ... keep writing! :)

CUPI mengatakan...

wah mas Antony photonya makin cakep ajah .. di share atuh mas .. :)

Vaye mengatakan...

yang jelas sih acara gung ho asik pisaan :)