4 November 2006

Catatan Ramadhan 1427 H


Setelah sebulan lebih tidak menulis di sini, hari ini dimulai kembali ....

Gladi resik

Pada hari Sabtu, 16 September lalu, sepulang menghadiri acara pernikahan teman sekantor sekitar jam satu siang di Simprug , jalan di arteri pondok indah macet. Alhamdulillah, setibanya di rumah saya bisa istirahat sejenak, tapi saat terbangun sore itu ada sekitar dua puluh anak TPA berkumpul di rumah untuk melakukan gladi resik acara Marhaban Ramadhan. Istri sedang melatih tari kelompok anak-anak yang berusia sekitar enam tahun dan guru TPA melatih pembacaan Al-Qur’an untuk kelompok anak-anak yang berusia sekitar sembilan tahun. Untuk kelompok ini setiap anak membaca satu ayat dan terjemahannya. Ayat yang dipilih, surat Al-Mu’minun (23) :1-11, tentang ciri-ciri orang yang beriman.



Bila berdo’a tergesa-gesa ...

Saat acara marhaban di Masjid Al Hakim, saya tidak sempat menyimak dengan baik ceramah H. Toto Tasmara, karena sibuk membuat dokumentasi dan saat ceramah harus pulang dulu karena dipentas ternyata tidak ada tape player, sementara ada TPA yang musik pengiring-nya pakai kaset. Namun, ada isi ceramah yang paling teringat: waktu itu Pak H. Toto ,kurang lebih, melukiskan bila membaca do’a diantara dua sujud harus dihayati, tidak terburu-buru seperti menyanyi rap. Pak Toto menirukan penyanyi rap sambil lengannya diangkat sebahu… orangnya sudah tidak muda, pakai kemeja putih dan sorban putih, berdiri di depan hadirin dan melantunkan irama rap ... pesan beliau yang ini bisa sampai dan mudah diingat …:)

Pada acara ini dilakukan santunan untuk 100 orang jompo dan lebih dari 500 kaum dhuafa di sekitar Kencana Loka.


Alhamdulillah rangkaian acara ceramah, santunan, bazar dan pentas TPA berlangsung dengan lancar.

Seruan untuk berpuasa

Tentang puasa, dalam perjalan pulang kondangan di Simprug, setelah melewati daerah Kebayoran Lama yang macet, istri menyampaikan isi ceramah yang pernah di dengar beliau pekan sebelumnya: Allah SWT memerintahkan berpuasa kepada orang-orang yang beriman agar menjadi orang yang bertaqwa, seperti di surah Al-Baqarah 2:183. Jadi sebelum mengerjakan puasa harus beriman dulu dan kriteria orang yang beriman di antaranya seperti dibacakan anak-anak TPA di atas (surat Al-Mu’minun 23:1-11) … Ya Allah hanya kepadaMu lah aku minta pertolongan …..

Tidak ada komentar: