4 November 2006

Execution

Beberapa pekan terakhir jadwal kuliah sangat padat, yang dimaksud dengan kuliah di sini adalah belajar dari tetangga dan teman-teman di universitas hidup. Pertemuan dengan para Satpam di kompleks saat gajian, rapat- mengobrol hingga lewat jam setengah sebelas malam. Sahur –Shalat Shubuh – menghadiri ‘kuliah yang lain’ lain belajar dari pakar-pakar hingga lewat setengah delapan pagi…

Sebagai mahasiswa peserta program matrikulasi atau tingkat persiapan, banyak yang bisa saya pelajari dari sana, namun ilmu yang diperoleh tidak terstruktur … dan diupayakan untuk dikelompokan dengan baik, disimpan dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat.

Salah satu mata kuliah menarik adalah tentang eksekusi …bagaimana mempelajari keahlian teman-teman saat membuat konsep, mematangkan rencana dan mengeksekusi-nya … Contohnya pelaksanaan acara 17 Agustus-an, santunan beras untuk Satpam, acara Tarhib Ramadhan yang membutuhkan koordinasi banyak orang ….

Ada iklan dari sebuah lembaga konsultasi Accenture yang bagus dan menarik tentang eksekusi. Sebelumnya saya agak kabur tentang hubungan lembaga ini dengan Andersen Consulting dan Arthur Andersen , tapi di Wikipedia ada info yang lengkap tentang hal tersebut. Secara ringkas sebagai berikut: Accenture dulunya bernama Andersen Consulting dan merupakan divisi dari Arthur Andersen. Setelah ada perselisihan tentang fee yang harus dibayarkan ke Arthur Andersen, divisi konsultasi ini memisahkan diri dan berganti nama menjadi Accenture. Arthur Andersen sekarang sedang jatuh karena beberapa skandal, dan yang terbesar adalah skandal Enron. Sebelumnya karyawan Arthur Andersen ada 25,000 di US dan sekitar 85,000 karyawan sedunia, sekarang menyusut menjadi hanya dua ratus orang saja. Sebaliknya Accenture hingga sekarang masih berjaya.

Ada yang mengatakan bila penggantian nama dari Andersen Consulting ini hanya untuk ‘menyembunyikan’ lembaga konsultasi tersebut dari keterlibatannya dengan skandal Enron, tapi hal itu dibantah…. Wallahu’alam.

Ini dia iklan yang menarik tadi …

There comes a time when execution is more important than theory

1 komentar:

zuki mengatakan...

setuju!! :)