10 September 2006

Kultum : Overweight



Kemarin, Sabtu 9 September 2006, setelah shalat Shubuh, seorang warga menyampaikan kultum (berasal dari kuliah tujuh menit) di Masjid Al Hakim, Sektor 12, Kencana Loka. Dalam kultumnya, rekan saya ini menyinggung soal musibah Mandala Airlines tahun lalu. Salah satu teori penyebab jatuhnya pesawat tersebut adalah karena kelebihan beban. Teman saya yang berpengalaman mengawasi penerbangan haji menghimbau agar jamaah haji yang pulang ke tanah air tidak membawa beban yang berlebih saat pulang. Bila barang bawaan ini dibawa oleh seseorang tanpa melalui prosedur yang benar, seperti misalnya ‘menyuap’ petugas, berarti orang tersebut telah men-zalimi penumpang yang lain, karena pesawat yang ditumpangi bersama bisa mengalami gangguan. Persoalan jamaah haji yang pulang membawa beban berlebih bukan hanya ada pada jamah haji Indonesia, teman saya yang juga pernah menangani jamaah haji dari benua lain pernah menemui hal yang sama bahkan menurutnya lebih rawan. Teman saya mengharapkan ada fatwa ulama untuk hal ini.

Saya setuju dengan teman saya, karena saat berhaji godaan untuk belanja atau membawa oleh-oleh sangat kuat :) Saya pikir godaan itu menyerang berbagai kalangan. Di Mekah dan Madinah ada banyak toko karpet dan permadani yang berasal dari manca negara, di Madinah di sekitar Masjid Nabi SAW ada beberapa toko buku, juga penjual makanan khas Arab dsb. Selain itu ada juga oleh-oleh gratis berupa air zam-zam yang diambil dari Masjidil Haram. Bila kurang berhati-hati, belanjaan dan oleh-oleh bisa kelebihan.

Sambil menunggu fatwa ulama tentang barang bawaan, apa yang bisa dilakukan oleh diri masing-masing adalah untuk membawa barang bawaan seberat ketentuan, karena hukum gravitasi berlaku universal, yang tidak melihat pangkat, jabatan atau kekayaan seseorang. Mungkin yang lebih mendasar lagi adalah untuk menahan diri dari keinginan berbelanja berlebihan pada saat di tanah suci … wallahu’alam.

3 komentar:

Vaye mengatakan...

musti ngingetin diri kali ya niat ke sana kan ibadah bukan wisata belanja he he he

zuki mengatakan...

sayang kalau ke sana yg dipikirin belanja. Nikmaaaaat banget ... dunia? lupa sudah ...

zuki mengatakan...

mana nih tulisan berikutnya ... :)