1 September 2007

Anak-anak asuh

Anak-anak asuh Masjid Al-Hakim

Tadi sore setelah 'Ashar saya mendadak diminta untuk memotret pas foto anak-anak asuh Masjid Al-Hakim. Pas foto ini diperlukan untuk keperluan pendataan ulang. Ada persis 50 anak yang hadir pada sore hari tadi dan sebagian yang lain belum bisa hadir. Anak-anak asuh Al-Hakim ini duduk di kelas satu SD hingga SMP, mereka tinggal di seputar BSD yang berasal dari keluarga kurang mampu. Masjid Al-Hakim saat ini baru bisa membantu sekitar 75 anak asuh, walaupun masih banyak lagi yang memerlukan bantuan.

Biaya pendidikan di seputar BSD masih lumayan mahal walaupun sudah dimintakan keringanan untuk anak-anak tersebut. Untuk masuk di SMP Negeri yang paling murah, diperlukan uang masuk sebesar 1,8 juta rupiah tiap anak. Karena biaya yang cukup tinggi ini, sempat ada wacana untuk lebih mengutamakan membantu anak-anak asuh yang di tingkat SD saja. Di SD biaya pertama untuk seragam dan bukunya sekitar 200 ribu rupiah. Program BOS pemerintah membebaskan anak-anak dari uang bayaran bulanan, namun untuk keperluan lain seperti buku tulis dan buku paket kenyataannya masih harus dibeli.

Saat pengurus Al-Hakim mengabsen anak-anak, ada berita duka yang diterima, seorang anak asuh yang duduk di kelas lima SD berpulang ke rahmatullah sepekan yang lalu -inna lillahi wa inna ilaihi raaji'un-. Dari orang tua anak asuh lain yang mengantar ke Al-Hakim, almarhum tidak terlihat sakit sehari sebelumnya, mengalami panas tinggi waktu malam hari dan saat pagi hari sudah meninggal dunia. Ada hal yang mengharukan yang saya dengar, anak ini selain bersekolah juga bekerja mengumpulkan barang-barang bekas ... Allahummaghfirlahu warhamhu ... Ya Allah berilah ampunanMu dan rahmahMu padanya ... Amiin.

Tidak ada komentar: