23 September 2007

Dosa awal

Komidi puter di pasar malam Pangalengan

Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan ceramah tentang dosa awal dari seorang mubaligh. Berikut ini ringkasannya.

Beliau menyampaikan bila ada tiga dosa awal : Kibr,Thama' dan Hasad.

1. Kibr yang berarti takabur atau sombong
Iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam a.s. karena kesombongannya. Iblis mengatakan kenapa tidak mau bersujud karena Iblis diciptakan dari api, sementara Adam berasal dari tanah. Dulu Bang Imad pernah menyampaikan bila faham rasisme atau rasialisme yang mengagungkan asal-usul mirip dengan kesombongan Iblis.

2. Thama' yang diartikan serakah
Pada saat Nabi Adam a.s. berada di surga, Allah SWT mengijinkan untuk menikmati semua yang ada di sana, kecuali satu pohon yang tidak boleh di dekati. Iblis menggoda Nabi Adam a.s. untuk mendekati pohon tersebut dan menikmati buahnya, sehingga melanggar larangan Allah SWT.

3. Hasad atau dengki
Putra-putra Nabi Adam a.s diminta untuk berqurban pada Allah SWT. Qabil berqurban dengan hasil ternak yang jelek, sementara Habil berqurban dengan pertanian yang paling baik. Allah SWT menerima qurban dari Habil dan menolak qurban dari Qabil. Karena dengkinya, Qabil membunuh Habil.

Sang mubaligh menyampaikan juga tentang definisi dari dengki. Dengki adalah iri terhadap ni'mat yang dianggap ada pada orang lain dan berharap agar ni'mat tersebut hilang darinya, sementara bila iri saja bukan termasuk dengki. Ada istilah bahasa Arab untuk yang hanya iri saja tanpa berharap supaya ni'mat tersebut hilang dari orang yang diirikan, tapi saya tidak mendengar dengan baik istilah tersebut, yang teringat untuk itu adalah bahasa Betawi-nya yang disampaikan oleh sang mubaligh: ngiri. Iri seperti ini dalam beberapa hal diperbolehkan seperti ngiri pada orang kaya yang sanggup menolong orang banyak dengan kekayaannya, atau ngiri pada orang berilmu yang memanfaatkan ilmunya.

Tiga dosa awal tersebut juga dinamakan sebagai induk dari dosa atau kejahatan, contohnya takabur atau sombong menurunkan dosa merendahkan orang lain.

Mudah-Mudahan bermanfaat .... Amiin

Tidak ada komentar: