6 Maret 2010

Siapa Ingin Ke Surga

 Kupu-Kupu di Penjual Tanaman Hias Taman Kota 2

Catatan ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya dari kultum Shubuh Masjid Al-Hakim pada hari Ahad, 7 Rabi'ul Awwal 1431H yang diberikan oleh Ustadz Dr. Sofwan Nizhomi.

Pada bagian akhir surah Az-Zumar (Surah ke 75) dijelaskan tentang kelompok orang kafir yang dibawa ke neraka (ayat 71) dan tentang orang-orang yang taqwa diantar menuju surga (ayat 73). Pak ustadz mejelaskan tentang perbedaan pada dua ayat tersebut. Ayat 71 berbunyi wasiiqalladziina kafaruu ilaa jahannama zumaran hattaa idzaa jaa uha futihat abwaabuha .... sedangkan pada ayat 73 berbunyi wasiiqalladziina ttaqau rabbahum ilal jannati zumaran hattaa idzaa jaa uhaa WA futihat abwaabuha.... Huruf Wauw pada ayat 73 tentang surga ini tidak terdapat pada ayat 71 tentang neraka. Para ahli tafsir menerangkan bila huruf Wauw tersebut menyatakan bila pintu surga telah terbuka dan siap untuk menerima orang yang bertaqwa. Pak Ustadz menjelaskan bila satu huruf tersebut sangat membedakan antara keadaan surga dan neraka, serta ajakan untuk segera beramal shalih karena pintu surga telah terbuka.

Pada bagian akhir Pak ustadz sempat menceritakan bila ada sebuah lagu gambus klasik yang didengar beliau saat masih kecil yang dinyanyikan oleh Hj. Nur Asiah Djamil yang masih teringat hingga kini dan syairnya diawali dengan kalimat sebagai berikut  "Siapa ingin ke Surga pintu selalu terbuka ... Siapa ingin ke Surga pintu selalu terbuka ..."

Mudah-mudahan bermanfa'at ...aamiin

1 komentar:

Akhmad Sofwan mengatakan...

Hallo. Ustadz Sofwan Nizhomi juga mengajar rutin setiap kamis malam di Masjid lingkungan saya, Masjid Al-Abror, Petukangan Utara, Jak-Sel. Saya baru tahu kalau beliau bergelar Dr ya ... mantap dech ...