27 Februari 2010

Jiwa Yang Tenang

Bunga Penjual Tanaman Hias, Taman Kota 2

Kultum Shubuh Masjid Al-Hakim pada hari Ahad, 7 Rabi'ul Awwal 1431H, 21/02/2010, diberikan oleh Ustadz Dr. Sofwan Nizhomi yang menyampaikan tentang surga dan sifat-sifat ahli surga.

Kajian dimulai dengan pembahasan akhir surah Al-Fajr : "Hai jiwa yang tenang, Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang rela lagi diridhai-Nya, Maka masuklah ke dalam kelompok hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku" Al-Fajr (89:27-30).

Kata nafs pada akhir surah ini bisa diterjemahkan dengan jiwa, nafs muthmainah berarti jiwa yang tenang. Kata radhiyah berarti ridho atau senang atau rela, selanjutnya yang istimewa adalah ahli surga tersebut -mardhiyyah yang berarti diridhoi (oleh Allah). Jadi selain ridho,senang,rela, saat memasuki surga, juga mendapat ridho Allah SWT. Pak ustadz memberikan sebuah analogi, orang yang diberi hadiah uang tentu senang, tetapi belum tentu orang yang memberi uang juga senang. Mungkin si pemberi memberikan uangnya karena terpaksa atau hanya ingin bebas dari gangguan si penerima. Tidak demikian dengan pada ahli surga, yang merasa senang, ridho dan Allah pun ridho padanya.

Menurut Ibnu Abbas Karakter Muthmainah ada 6.
1. Aman/selamat dari adzab Allah.
Maksudnya, mengkondisikan diri agar tidak mendapat adzab Allah/menjadi shalih/tidak berbuat sesuatu yang mendapatkan siksa.
2. Bertauhid pada Allah.
3. Bersyukur pada Allah.
4. Shabar terhadap ujian Allah.
5. Jiwa yang menerima ketentuan Allah.
6. Merasa cukup terhadap apa yang diberikan Allah.

Mudah-mudahan kita dapat memiliki jiwa yang tenang...aamin.

Tidak ada komentar: