27 Februari 2010

Ni'mat Ilmu

 
Gedung Perjanjian Linggardjati

Kultum Shubuh Masjid Al-Hakim pada hari Ahad, 22 Shafar 1431H, 07/02/2010, diberikan oleh Ustadz Fiqri Thariq yang menyampaikan pelajaran dari kisah Nabi Sulaiman dan Daud.

Pak Ustadz menyampaikan Surah An-Naml (27):15 "Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambaNya yang beriman". Ada beberapa hal yang bisa dipetik, pertama ni'mat ilmu disebutkan oleh Allah SWT pada ayat tersebut. Pak Ustadz mengatakan bila ni'mat ilmu lebih utama dari ni'mat harta, Nabi Sulaiman AS termasuk nabi yang diberi rizqi berupa harta yang berlimpah, tetapi Allah SWT menyebutkan pada ayat di atas secara khusus tentang karunia berupa ilmu pada Nabi Sulaiman dan ayah beliau Nabi Daud AS.

Hal lain yang bisa dipetik dari ayat Al-Quran di atas, adalah untuk bersyukur atas ni'mat ilmu, Nabi Sulaiman dan Nabi Daud secara ekplisit mengucapkan berupa tahmid atas ni'mat yang diperoleh. Pak ustadz menyarankan untuk mencontohnya dengan bersyukur apabila telah memperoleh ilmu yang disampaikan melalui orang lain. Saat kita bersyukur, pada dasarnya bukan bersyukur pada APA yang telah diperoleh, tetapi pada SIAPA yang memberi. Pak ustadz memberikan ilustrasi sederhana: bila kita diberi hadiah topi oleh ustadz yang sangat terkenal dan terhormat, mungkin topi tersebut sederhana atau berharga murah, tetapi kita bangga mengenakannya karena diberi hadiah oleh ustadz yang terhormat. Semua ni'mat yang ada pada kita, Allah yang maha Suci dan Maha Mulia yang memberikan....

Mudah-mudahan kita menjadi orang yang bersyukur atas semua ni'mat-Nya... aamiiin.

Tidak ada komentar: