13 Februari 2010

Tangkai yang Patah


Pada hari Ahad tiga pekan yang lalu saya belajar teknik foto makro dari beberapa fotografer senior. Obyek-obyek foto makro berjarak sangat dekat dengan kamera dan biasanya berukuran kecil. Tempat untuk praktek fotonya ada di penjual tanaman hias di Taman Kota 2 BSD. Tempatnya tidak jauh dari rumah dan pelajaran foto diberikan dengan gratis :)

Banyak sekali obyek foto yang tersedia, namun saya sangat tertarik dengan sebuah tanaman dengan tangkai yang patah. Agak sulit untuk mengambil gambar seperti yang divisualisasikan, saya mencoba beberapa sudut tapi masih belum mendapatkan gambar yang diinginkan. Ada yang mengatakan, bila sebelum mengambil foto, perlu dipikirkan dulu apa yang ingin dikatakan dengan fotonya ... saya masih belajar teknik foto makro, mungkin foto Tangkai yang Patah ini belum bisa berkata dengan jelas, hanya berbisik dan itu pun masih terbata-bata :) jadi perlu dibantu dengan tulisan ini untuk menyampaikan pesannya ...

Tanaman obyek foto ini berada ditepi jalan setapak, sehingga mungkin karenanya ada sebuah tangkai yang patah karena tertabrak orang yang lewat. Sepertinya tangkai ini sudah cukup lama patah, terlihat sudah menguning dan layu pada bagian yang patah, namun dua kuntum bunga indah yang dihinggapi oleh seekor kumbang, dapat tumbuh padanya. Walaupun sudah patah, menguning dan terlihat layu tetapi sepertinya tangkai tersebut masih dapat menyalurkan sari-sari makanan dari akar ... Subhanallah !

Tangkai yang Patah

Tidak ada komentar: