31 Januari 2009

Arti Kemenangan

Bunga di Soreang

Pada hari Selasa, 23 Muharam 1430 H (20-01-2009), Pak ustadz Ahzami Sami'un Jazuli menyampaikan tausiyah di Masjid Miftahul Jannah. Beliau menjelaskan arti kemenangan. Arti kemenangan adalah tetap mempertahankan kebenaran walaupun terbunuh, dipenjara atau diasingkan. Berikut ini ayat-ayat Al-Qur'an yang menjadi acuan:

1. Surah Al-Buruj (85) : Orang-orang yang beriman disiksa oleh penguasa pada waktu itu dengan melemparkan ke dalam parit yang terbakar. Ada tafsir yang menyebutkan walaupun orang-orang beriman tersebut terbunuh karena mempertahankan keimanannya, namun da'wah Islam menjadi tersebar luas. Sayang sekali saya tidak sempat mencatat sumber tafsir tersebut dari ustadz Pak Ahzami.
2.Surah Al-Anfal (8):30 : Allah membalas makar orang-orang kafir.
3.Surah At-Taubah (9):40 :Nabi SAW diusir dari Mekah tetapi sebenarnya sudah dimenangkan Allah, bila diperhatikan bunyi ayatnya:... Allah telah menolongnya.. adalah dalam bentuk kalimat lampau. Ahli sejarah mengatakan bila peristiwa hijrah itu adalah awal kemenangan kaum muslimin...

Jadi mungkin arti kemenangan adalah tetap berpegang pada kebenaran, senantiasa berdzikir mengingat Allah SWT dan hanya memohon pertolongan kepada-Nya.

Wallaahu'alam.

Tidak ada komentar: