20 September 2008

'Ujub

Bunga di Muka Rumah

"Apakah engkau tidak melihat orang-orang yang memuji diri mereka bersih? Sebenarnya Allah memuji siapa yang dikehendaki-Nya dan mereka tidak dianiaya sedikitpun".
An-Nisa(4):49

Ustadz Anas mengisi kultum shubuh di Masjid Al-Hakim pada tanggal 19 Ramadhan yang lalu. Beliau menyampaikan sebuah kutipan dari kitab Al-Hikam karya Ibn Athaillah. Saya membaca ulang hikmah tersebut di sebuah buku yang dibeli bulan lalu di toko buku Daarut Tauhid Bandung. Buku Terjemah Al-Hikam oleh H. Salim Bahreisy ini di cetak pada kertas yang sederhana dan berharga relatif murah, seharga Rp.14,500, namun isinya bagus.

Berikut ini mutiara hikmah yang telah disampaikan oleh Pak Ustadz Anas, seperti tertulis pada buku Terjemah Al-Hikam oleh Salim Bahreisy pada hlm 87-88, No. 106:

Maksiat (dosa) yang menimbulkan rasa rendah diri dan membutuhkan rahmat Allah, lebih baik dari perbuatan taat yang membangkitkan rasa sombong, ujub dan besar diri.

Perasaan rendah diri seorang yang telah berbuat maksiat dosa, itu lebih baik dari kesombongan seorang yang taat. Ada kalanya seorang hamba berbuat kebaikan yang menimbulkan rasa ujub sombong, sehingga dapat menggugurkan segala amal-amal yang sebelumnya, dan ada kalanya seorang berbuat dosa yang menyedihkan hatinya, sehingga timbul rasa takut kepada Allah, yang menyebabkan keselamatan dirinya.


Dari beberapa keterangan, tanda-tanda 'ujub di antaranya: sombong, takabur, menolak dikritik orang, menganggap diri tidak memiliki kekurangan lagi, merasa ibadahnya sempurna, merasa bangga dengan amal-amalnya, benar-benar bersandar pada amal-amalnya, yakin dengan amalnya akan masuk surga, memandang amal orang lain lebih jelek daripada amal dirinya.

Ada buku terjemah Al-Hikam lainnya yang diterbitkan oleh Serambi yang diterjemahkan ulang dari buku yang berbahasa Inggris. Terjemahan ini diberi judul Al-Hikam, Rampai Hikmah Ibn Athaillah. Buku ini dicetak dengan kemasan yang menarik dan dijual seharga Rp. 49,900,-. Pada terjemahan ini, mutiara hikmah di atas di muat pada halaman 167, No. 96.

Mudah-mudahan bermanfa'at ... Aamiiin.

Tidak ada komentar: