14 September 2008

Sayyidul Istighfar

Tukang Perahu di Sunda Kelapa

Pada tanggal 3 Ramadlan 1429H, ceramah dhuhur di Masjid Miftahul Jannah diisi oleh ustadz Lee Kim Bee ( TGH.Muhammad Maurits).

Saat menjelang waktu shalat saya sempat berbincang sejenak dengan pak ustadz. Saya bertanya tentang do'a sayyidul istighfar yang pernah disampaikan beliau beberapa waktu yang lalu, yang juga ditulis pada buku saku yang dibagikan pada jama'ah. Alhamdulillah, saat itu juga pak ustadz membacakan kembali do'a tersebut secara lengkap. Pak ustadz Lee Kim Bee menambahkan bila do'a tersebut diambil dari shahih Bukhari dan tercantum pada bagian akhir buku Bulughul Maram, dan bila membacanya diwaktu sore dan meninggal pada malam harinya, maka akan masuk surga dan bila membaca pada pagi hari dan orang yang membacanya meninggal pada hari itu, maka ia masuk surga. Saya berkomentar, bila demikian sudah siap untuk menghadapi kematian. Beliau menjawab itulah orang yang cerdas, seperti sebuah hadits yang kurang lebih bunyinya, orang yang cerdas adalah orang yang mempersiapkan diri untuk kematiannya dan bekal setelahnya.

Pak Ustadz Lee Kim Bee walaupun berusia sudah agak lanjut, namun masih hafal banyak ayat Qur'an dan Hadits.

Alhamdulillah buku saku beliau masih ada. Do'a sayyidul istighfar juga tercantum pada buku Al-Adzkar tulisan An-Nawawi pada bab dzikir pagi dan sore.

Berikut ini teks do'a sayyidul istighfar yang tertulis pada buku saku Ustadz Lee Kim Bee:

"Ya Allah Engkau Rabb ku, tidak ada ilah yang lain kecuali Engkau, Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hambaMu, dan aku terikat dengan perjanjian kepadaMu menurut kemampuanku, aku berlindung kepadaMu dari (kejahatan/kejelekan) yang telah aku lakukan, aku mengaku kepadaMu atas segala nikmatMu yang telah Engkau karuniakan kepadaku, dan aku mengaku kepadaMu atas segala dosaku, maka mohon ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali hanya Engkau. "

Mudah-mudahan bermanfa'at. Aamiin

Tidak ada komentar: