24 Desember 2006

On Becoming A Jedi Knight

Kabut di Pangalengan

Sekitar sebulan yang lalu saya berkonsultasi dengan seorang ‘suhu’ fotografi di kantor. Saya melihat bila fokus di lensa kamera saya sering meleset, sang suhu memberikan tips untuk menguji ketepatan fokus lensa. Ambil sebuah mistar, misalnya yang berukuran 30 cm. Letakkan mistar ini di meja. Pasang metering kamera di center weighted. Bidik dengan sudut 45 derajat ke arah titik di 15 cm di mistar. Untuk hasil lensa yang saya pakai hasilnya tidak tepat di titik 15 cm, tapi agak bergeser.

Saya masih sedang men’jelajahi’ setting kamera saya yang mungkin bisa mendapatkan hasil fokus yang lebih akurat. Salah satu cara mengatasi masalah auto focus lensa adalah menggunakan fokus manual. Saya harus banyak berlatih agar bisa mengambil momen yang diinginkan. Mengasikkan juga menggunakan fokus manual ini, tantangannya adalah bila memotret momen sesaat yang memerlukan kecepatan dalam mengeksekusi fotonya.

Saya teringat dengan filem Star Wars, saat Luke Skywalker menjatuhkan bom di pangkalan musuh. Setelah hasil bidikan komputer meleset, Luke berhasil menembak targetnya dengan cara manual. Kembali dengan bahasan manual focus, mungkin harus berlatih ketramplian para kesatria Jedi untuk dapat menggunakannya dengan efektif … :)

5 komentar:

CUPI mengatakan...

di tukar saja mas lensanya deng yg baru :)

zuki mengatakan...

Seperti hidup ini ya, repot juga kalau kendalinya mau otomatis terus ... :)

amethys mengatakan...

woooo bagus sekali boleh yah saya ikutan nongkrong disini dan ikutan cuap2??
wah..pangalengan, situ gunung...kayanya pernah dengar..tapi dimana yah? jawa barat kan? tepatnya dimana? saya lupa???

antoni mengatakan...

Silahkan nimbrung, biar tambah semarak :).... Pangalengan di Bandung Selatan dan Situ Gunung di dekat Sukabumi, Jawa Barat ...

Vaye mengatakan...

wax hasil foto kayak gini masih belajar...bijimana yang 'suhu' nya tuh ruaaarr biasa :)