11 April 2009

Memakmurkan Masjid

Bunga di Walahar

" Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." At-Taubah (9):18

Khutbah Jum'ah di Masjid Al-Hakim kemarin, 14 Rabi'ul Akhir 1430 H (10-04-2009), disampaikan oleh Dr. Yusnar Yusuf. Alhamdulillah, jama'ah memenuhi masjid hingga ada yang berdiri saat mendengarkan khutbah, walaupun sudah disiapkan tenda tambahan yang besar di taman samping kanan masjid.

Pak ustadz membuka khutbah dengan membacakan Surah At-Taubah (9):18 tentang memakmurkan masjid. Sejak masa Rasulullah SAW, masjid adalah pusat kegiatan kaum muslimin, karenanya kita diharapkan untuk menghidupkan masjid seperti yang dicontohkan Nabi SAW.

Pak ustadz Dr. Yusnar Yusuf menyampaikan bila salah satu dari tugas khalifah adalah memakmurkan masjid seperti tertulis pada buku Al-Ahkam Al-Sulthaniyyah yang disusun oleh Al-Mawardi pada awal perkembangan Islam.

Mudah-mudahan bermanfa'at .... aaamiin

Tidak ada komentar: