21 Februari 2009

Penyakit Sombong dan Dengki

Kebun Teh Pangalengan

Pada hari Kamis, 23 Shafar 1430 H (19-02-2009) Habib Umar mengisi acara pengajian di Masjid Miftahul Jannah. Salah satu hikmah yang disampaikan beliau adalah bila seseorang sombong dan dengki, maka orang tersebut akan jauh dari hidayah Allah.

Pada saat Nabi SAW berda'wah, beberapa orang mengetahui kebenaran apa yang disampaikan oleh Nabi SAW, namun karena merasa dirinya atau kabilahnya lebih tinggi, mereka enggan untuk bersyahadat. Pak Habib Umar mengatakan dengan bahasa Betawi, mereka tidak mau beriman karena 'gengsi'.

Orang yang sombong dan dengki akan sulit menerima masukan (input) dari orang lain. Masukan tersebut mungkin adalah nasihat yang merupakan salah satu jalan hidayah dari Allah SWT ...

Mudah-mudahan kita semua disembuhkan dari penyakit sombong dan dengki ... aamiin

1 komentar:

Isa mengatakan...

Untuk direnungkan kita semua juga...
17:37. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.
... Apakah salah satu 'obat' kesombongan hati itu adalah dengan berjalan2 ke pertambangan ('menembus bumi') atau berjalan mendaki gunung ('tidak akan sampai setinggi gunung'). Mungkin di saat itulah, kita akan melihat kebesaran Allah yang tiada taranya, dan mengikis habis kesombongan di dalam hati ini... Wallahu a'lam.