10 November 2008

Lima ciri orang yang beriman

Kebun Teh Pangalengan

"Orang-orang mukmin hanyalah mereka yang apabila disebut Allah gentar hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, ia menambah iman mereka dan kepada Tuhan mereka, mereka berserah diri.
(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki yang mulia." Al-Anfal(8):2-4

Kuliah shubuh di Masjid Al-Hakim pada hari Ahad, 2 November 2008 diberikan oleh Ustadz Fikri Thariq yang menyampaikan 5 ciri orang yang beriman. Pak Ustadz menyarankan untuk menulis ciri-ciri ini pada dompet atau tempat lainnya agar selalu teringat.

Ciri yang pertama: Bila disebut nama Allah bergetar hatinya.
*Agar bergetar hatinya saat disebut nama Allah, perbanyaklah dzikir, dzikir dengan qalbu dan lisan.
*Pak Ustadz memberi nasihat bila ada persoalan cepat ambil air wudlu kemudian shalat, kecuali pada waktu yang diharamkan.
*Ada pesan Rasulullah SAW, 'Besarkanlah Allah pada saat banyak orang membesarkan dirinya'. Salah satu cara membesarkan nama-Nya adalah dengan mendatangi masjid saat panggilan shalat dikumandangkan.
Ciri yang kedua: Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya).
Ciri yang ketiga: Bertawakkal kepada Allah
*Pada perang Badar, jumlah kaum muslimin sangat sedikit dan tidak mempunyai senjata. Ada dzikir yang diucapkan - Hasbunallahu wa ni'mal wakiil - selanjutnya Allah menurunkan ketenangan dan kaum muslimin memenangkan perang.
*Pada perang Hunain, jumlah kaum muslimin lebih banyak dan bersenjata lengkap. Saat berangkat perang ada kesombongan seperti mengatakan 'dengan jumlah sedikit kita bisa menang apalagi dengan jumlah yang banyak', tetapi kemenangannya tidak diperoleh, karena kaum muslimin mengandalkan senjata dan jumlah pasukan, tidak bertawakkal pada Allah. Setelah bertaubat dan bertawakkal pada Allah, kaum mukminin memperoleh kemenangan.
Ciri yang keempat: Mendirikan shalat
Ciri yang kelima: Menafkahkan apa yang diberi oleh Allah (rizqi Allah)
*Bila punya ilmu berikanlah walaupun hanya satu ayat, demikian pula bila punya harta nafkahkanlah pada jalan-Nya.

Pada surah Al-Anfal ayat 4 disebutkan bila merekalah orang mukmin yang sebenarnya, yang mempunyai kedudukan derajat yang tinggi, ampunan dari Allah, serta rizqi yang memuliakan....

Tidak ada komentar: