28 Juni 2008

Persaudaraan Mukmin

Situ Patengang

"Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."
Al-Hujurat(49):10

Ibadah Jum'ah pekan lalu, untuk pertama kalinya ruang perluasan masjid digunakan, walaupun proses renovasinya masih belum selesai benar.
Khatib yang bertugas ustadz Suryana Padma Abdurrahman dari PITI yang menyampaikan tema persaudaan antara mukmin. Beliau menyampaikan dalil Al-Qur'an surah Al-Hujurat(49):10 seperti di atas. Rasulullah SAW telah mencontohkan dengan bisa menerima beragam sahabat yang masing-masing mempunyai kelebihan.

Khatib juga memberi contoh do'a yang melukiskan persaudaraan antara mukminin. Do'a tercantum pada Surah Al-Hasyr(59):9-10, "....Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa: "Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". Al-Hasyr(59): 9-10

Mudah-mudahan bermanfa'at ....

Tidak ada komentar: