27 Oktober 2007

Keyakinan dan Ikhtiar

Tukang Reparasi Jam Keliling

Beberapa waktu yang lalu saya mendengar ceramah radio tentang keyakinan dan ikhtiar. Ilustrasi yang diberikan penceramah adalah tentang rangkaian kisah Nabi Ibrahim AS saat harus meninggalkan istri Siti Hajar dan putra beliau yang masih bayi Nabi Ismai'il AS di tanah Mekah yang tandus.

Nabi Ibrahim AS mempunyai keyakinan yang sangat kuat akan jaminan Allah SWT bahwa istri dan putra beliau yang masih bayi akan dikaruniai rizqi yang cukup, namun keyakinan tersebut tidak menghalangi Siti Hajar untuk berikhtiar sekuat mungkin dalam menjemput rizqi Allah SWT. Saat putra beliau kehausan, Siti Hajar berlari antara bukit Safa dan Marwah hingga 7 kali untuk mencari air. Menurut riwayat, Nabi Ismail AS yang saat itu masih bayi memukul-mukulkan kaki beliau ke tanah sebagai bentuk ikhtiar, hingga keluar sumber mata air yang sangat jernih.

Sumber mata air di Mekah itu hingga kini tetap mengalir dan dinamakan air zam-zam... dan berlari antara bukit Shafa dan Marwah hingga 7 kali seperti yang dilakukan Siti Hajar merupakan bagian ibadah haji.

Mudah-mudahan bermanfa'at ...

1 komentar:

TR mengatakan...

Terima kasih sharingnya... Kebetulan nggak dengerin yang ini...