18 Agustus 2008

Berteguh hati, berdzikir dan bersabar

Satu Tujuan

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menemui pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung."
Al-Anfal (8):45

Khatib di masjid Miftahul Jannah pada hari Jum'at yang lalu telah menyampaikan surah Al-Anfal (surah ke-8) ayat 17 dan ayat 45. Khutbah tersebut disampaikan sebelum perayaan hari kemerdekaan RI.

Andil umat islam dalam meraih kemerdekaan negara ini sangat besar, dengan peralatan sederhana dan diiringi dengan pekik takbir, para pejuang kemerdekaan bertempur melawan penjajah. Khatib menyampaikan bila Allah telah memberikan kemenangan, seperti pada ayat ke 17 Surah Al-Anfal :"Maka bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allah yang membunuh mereka, dan bukan engkau yang melempar ketika melempar, tetapi Allah yang melempar (dan kesudahannya). Dia menganugerahkan kepada kaum mukminin dari sisi-Nya anugrah yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Pada ayat 45 Surah Al-Anfal berisi anjuran agar berteguh hati dan berdzikir, "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menemui pasukan maka berteguh hatilah dan sebutlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung" dan pada ayat selanjutnya, setelah berteguh hati dan berdzikir, adalah bersabar."Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatan kamu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar".

Wallahu'alam.

Tidak ada komentar: