16 Desember 2007

Khutbah Jum'ah 14-12-2007

Bulan Purnama di Serpong

"Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yang baik bagimu; (yaitu) bagi orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) Hari kemudian. Dan barangsiapa yang berpaling, maka sesungguhnya Allah, Dia-lah Yang Maha Kaya lagi terpuji.
" (60:6)

Saya mengikuti shalat Jum'ah di Masjid Iqra' Jatiluhur dan yang menjadi khatib ustadz Zainuddin yang menyampaikan topik tentang haji dan teladan Nabi Ibrahim 'Alaihi Salam (as) dan keluarganya. Di Al-Qur-an dinyatakan bila pada Nabi Ibrahim as ada contoh yang baik.

Nabi Ibrahim as dan umatnya telah melampaui beberapa ujian Allah SWT yang berat, diantaranya:
  • Nabi Ibrahim as berkonfrontasi dengan raja Namrudz yang zalim dengan menghancurkan patung-patung berhala sehingga Nabi Ibrahim as dihukum dengan dibakar, namun dengan pertolonganNya api tersebut menjadi dingin.
  • Nabi Ibrahim as mendapat perintah untuk meninggalkan istri beliau Siti Hajar dan putra beliau Nabi Ismail as yang masih bayi di kota Mekah yang tandus tanpa bekal makanan dan minuman yang cukup. Menurut riwayat, sumber mata air zam-zam muncul pertama kalinya setelah Siti Hajar dan Nabi Ismail as berusaha mencari air minum.
  • Nabi Ibrahim as mendapat perintah untuk menyembelih putra beliau Nabi Ismail as yang kemudian oleh Allah SWT diganti menjadi menyembelih seekor kambing.
Khatib Jum'ah juga menyampaikan bila Nabi Ibrahim as mempunyai gelar Khalilullah yang berarti kekasih Allah karena telah melampaui ujian yang sangat berat, seperti tertulis pada Al-Qur'an:

"Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya." (4:125)

Wallahua'lam...

1 komentar:

zuki mengatakan...

alhamdulillah, terima kasih atas catatannya ....